Komedo    // tips-trik seputar komedo
 Komedo.com    Forum     Ngobrol Yuk!     Contact Us   
200911 › Ayo Hilangkan Komedo!

Cara menghilangkan komedo di wajah

Komedo adalah kotoran penyumbat pori-pori. Kotoran yang mengumpul ini berbentuk kecil, berwarna hitam atau putih. Komedo muncul akibat terjadinya penumpukan minyak berlebih (sebum), serta sel kulit mati.

Apa penyebab terjadinya komedo?


Ada dua jenis komedo:
A. Komedo Terbuka (Black Head)
Merupakan kumpulan massa sebum yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam pada permukaan wajah dan tidak tertutup epitel kulit, sehingga mudah dikeluarkan. Komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara.
B. Komedo Tertutup (White Head)
Merupakan gumpalan sebum yang terjadi di bawah permukaan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak. Permukaanya tertutup oleh epitel kulit, sehingga sulit dikeluarkan. Biasanya, komedo muncul di area T (dahi, hidung dan dagu), juga di bawah mata dan pipi. Komedo ini tampak putih kekuningan seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit. Jangan menghilangkan komedo dengan cara memencetnya, karena malah akan merangsangnya menjadi jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menyebabkan infeksi.

Untuk mengatasi komedo, ada beberapa cara yang bisa dicoba:

  1. Bersihkan wajah dari kotoran dan tata rias dengan pembersih wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Anda bisa mencoba pembersih yang mengandung ekstrak pinang sesuai jenis kulit yang bermanfaat melembapkan, mencerahkan, melembutkan dan menjaga elastisitas kulit. Beri toleransi waktu sebulan untuk mengetahui efektivitas pembersih yang Anda gunakan.
  2. Cuci wajah dengan sabun wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit. Kulit normal, kulit kering atau kulit berminyak.
  3. Segarkan wajah dengan penyegar wajah yang mengandung ekstrak pinang untuk mengecilkan pori-pori, menambah kelembutan dan kelembapan kulit. Pilih yang sesuai jenis kulit.
  4. Oleskan pelembap sebelum bepergian untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari, merawat kelembutan dan kelembapan kulit wajah. Pilih pelembap yang cocok. Bagi kulit normal dan berminyak, gunakan pelembap oil free.
  5. Pada malam hari, gunakan krem malam untuk menambah nutrisi, mencegah dan mengurangi kerut pada kulit wajah. Ulaskan secara tipis dan merata pada kulit wajah.
  6. Batasi konsumsi cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan, dan daging berlemak.
  7. Hidup sehat dan cukup gizi. Cukup tidur dan istirahat, hindari stress. Hal ini mungkin terdengar klise, namun coba terapkan kebiasaan ini dan lihat hasilnya.
  8. Jika tak sabar dan ingin segera menghilangkannya, pergi saja ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk facial dan memberikan obat tertentu. Jika komedonya sudah sangat banyak, dokter akan menggunakan bantuan teknologi laser.


Setiap seminggu sekali:

  1. Bersihkan wajah dengan pembersih dan cuci dengan sabun yang sesuai jenis kulit.
  2. Gunakan cream penghalus wajah sesuai jenis kulit. Usapkan sesuai rotasi pada daerah kulit kasar dan berkomedo. Lakukan selama dua menit lalu bilas dengan air.
  3. Bila kulit Anda kering, pijat wajah perlahan dengan krem urut yang mengandung minyak zaitun dan vitamin A. Berfungsi untuk menjaga dan merawat vitalitas kulit wajah. Lakukan selama 10-15 menit. Bisa dilakukan pada bagian tubuh lain.
  4. Gunakan krem masker yang mengandung ekstrak sari jeruk nipis yang bermanfaat mengurangi lemak, mengencangkan dan menghaluskan kulit. Oleskan ke seluruh wajah, kecuali lingkar mata, bibir dan lubang hidung.
  5. Setelah kering, bilas dengan air hangat atau dingin dan angkat masker dengan menggunakan spon masker.

 

Semoga info di atas bisa membantu saudari untuk menghilangkan komedo dan jerawat yang bandel.

Share on Facebook Share on Twitter
Permalink: http://komedo.com/2009/11/ayo-hilangkan-komedo.html


Ada 59 komentar. Anda juga ingin berkomentar?

aji waty Rabu, 30 Desember 2009 | 09:37 WIB
thanks atas infonya
cty c'sPoiLed Minggu, 31 Januari 2010 | 07:57 WIB
tHank tAS iNfo'xE
dhika Ω Kamis, 18 Februari 2010 | 21:14 WIB
dangke atas ifonx
primawan z.a Rabu, 31 Maret 2010 | 23:34 WIB
pusing ngatasi komedo
CANTYELA θ Jumat, 14 Mei 2010 | 17:06 WIB
infonya lengkap bgt solusi nya ok!thanks
shitie Sabtu, 15 Mei 2010 | 23:56 WIB
maksih info'y.....
Mga bsa ngilangin komedoQ yg buannndeLLL!!!!!
dilot š Senin, 31 Mei 2010 | 16:20 WIB
 thx info na
Vitha Nuraga ϒ Senin, 28 Juni 2010 | 13:04 WIB
gmna cara menghilangkan komedo..??
FITA @ Rabu, 7 Juli 2010 | 21:35 WIB
AYO HINDARKAN KOMEDO
anis © Kamis, 15 Juli 2010 | 11:06 WIB
wuih lengkap bgd!mg bermanfaat n doain successs yach mg komedoq yg bandel ini
cptn kaburrrrrr.....
yanti Minggu, 15 Agustus 2010 | 15:26 WIB
makasih ya atas informasinya 
lina ϒ Rabu, 20 Oktober 2010 | 13:53 WIB
Tx WAt InFoNy.....
sifra @ Sabtu, 23 Oktober 2010 | 10:42 WIB
ya nee,komedoq bandel banget...
moga az bisa cepet ilang... 
Ferdian Rabu, 24 November 2010 | 17:21 WIB
apakah ad cara lain??
 
iam λ Senin, 6 Desember 2010 | 19:24 WIB
siiiipppp pokoe tips'ny,,,,nuhun nyak
frannie Senin, 27 Desember 2010 | 16:40 WIB
Hallo...  
‎​​T̶̲̥̅̊ћɑ̤̈̊ñќ'§  ¥ǝ̥α info'n
Trus,cara yg tepat buat hilangin komedo en cegah komedo'n datang kmbli
gmn??tolong d jwb y...
‎​​T̶̲̥̅̊ћɑ̤̈̊ñќ'§  ¥ǝ̥α
celya falen Jumat, 21 Januari 2011 | 15:09 WIB
uda , tpi malah munccul x + banyag . :(
ayu puspita $ Kamis, 3 Februari 2011 | 12:28 WIB
Tips x oke bgt ghetoooch
krist Jumat, 4 Maret 2011 | 11:54 WIB
 smw pantangn mknan adl fav.ku
tia @ Minggu, 20 Maret 2011 | 12:28 WIB
oke deh thx, mudah mudahan manjur 
del Jumat, 20 Mei 2011 | 11:46 WIB
 hhmm ... masii bingung .. ga da yg lebi praktis lagi ya
jumiati Senin, 23 Mei 2011 | 13:05 WIB
msih bngung nee????????????
akk pnya mslah komedo
susah bgt akk ngilangi ny
agiz ® Kamis, 16 Juni 2011 | 20:37 WIB
ichhh,,udh jengkel dechh ngatasi komedo ni,,,help me pleaseee.......  
            
agiz ® Kamis, 16 Juni 2011 | 20:37 WIB
ichhh,,udh jengkel dechh ngatasi komedo ni,,,help me pleaseee.......  
            
ufairah $ Jumat, 24 Juni 2011 | 21:06 WIB
terima kasih. 
dilla setiawati © Senin, 18 Juli 2011 | 23:26 WIB
kalau beli masker rolanjona dimana yah ?
fitri Kamis, 28 Juli 2011 | 10:56 WIB
da gx se cra ngilangin komedo yg lbh simpel lg ???
krna sya trlalu sibuk..    
bitha Kamis, 28 Juli 2011 | 11:30 WIB
gmna cra'y byr komedo gak balik lg ???
krna sya ribet..              
InTan nUr faUZiyah α Jumat, 12 Agustus 2011 | 22:06 WIB
komedo bkin krng prcya diri ea??
vie ω Selasa, 13 Desember 2011 | 15:09 WIB
benar qaqk pernyatan d atas ?
eni mahendra β Jumat, 16 Desember 2011 | 17:18 WIB
thanks ats infonya,,,tp aanjuran tsb sdh saya coba tp kok msh aja ya?apa mungkin
sabun mukanya gak cocok?
Sri Nurmayanti © Jumat, 13 Januari 2012 | 08:29 WIB
Kesel deh rasax ma komedo, bikin qk pede ajha.............   
Vita ja,,, mkce bgt tas infona, n... ΠMinggu, 22 Januari 2012 | 08:42 WIB
Vita ja,,, mkce bgt tas infona, n... ΠMinggu, 22 Januari 2012 | 08:43 WIB
Mkce,.?
liu fang ¥ Senin, 6 Februari 2012 | 19:48 WIB
pantesan ni muka tambah diliat tambah byk pula jerawatnya. pantangan makanannya,
semua yang kuSuka.      

produk perawatannnya segitu ribetnya. mesti ngabisin berapa duwit ya....?
 

kalo pergi kedokter kulit, kira2 berapa duit? 
nha Rabu, 9 Mei 2012 | 17:02 WIB
mksh infonya.......insyallah di coba 
dihan @ Selasa, 26 Juni 2012 | 13:09 WIB
dulu sy juga puny komedo,tp setelah rutin pmbrsihan pagi dn sblm tidur trs
istrrht  ckup..sesekali pijat muka pke minyk zaitun sminggu dua kali...gunakan
sabun butiran xtrak apel..djamin komedo brkurang dn lama2 hilang sndiri...jgn
dipencet krn smakin dpencet smakin bandel komedo gk mau pergi..selamat mncoba
imut Selasa, 10 Juli 2012 | 20:31 WIB
pusiand dengan komedo     
imut Selasa, 10 Juli 2012 | 20:34 WIB
 sabun butiran extra apel contohnya ap??? 
oqie Selasa, 31 Juli 2012 | 13:12 WIB
thank tux info'a..

ooeeaaa,, kalo pengen ngilangin komedo atau jerawat dengan bahan alami bisa gk
?
kalo bisa pake bahan alami yg tdk ada efek samping'a yh... thanks...
Vitha cuex α Jumat, 21 September 2012 | 15:56 WIB
Thank'z infonya ...
fitri Kamis, 27 Desember 2012 | 09:28 WIB
thank'z infonya
dessi Senin, 31 Desember 2012 | 08:22 WIB
wah , berguna bgtt id0ngku bnyakK k0medo , , >.< , , thnx Ya
dessi Senin, 31 Desember 2012 | 08:24 WIB
  mksh sgat bguna bgt buatku , idungku k0medoan >.
Ana @ Rabu, 2 Januari 2013 | 22:31 WIB
Extra pinang ap y???
caysa Selasa, 8 Januari 2013 | 10:41 WIB
huuff,, komedoo gx slesai" nih masalh...  ada cara laen gg yg bner" hlgdri
permukaan kulit.       
glen @ Sabtu, 16 Maret 2013 | 12:06 WIB
bagaimana cara menghilangkan komedo di bagian hidung
Ucci Rabu, 27 Maret 2013 | 13:02 WIB
Thanks, I'll try.       
tas armani ΠSenin, 1 April 2013 | 14:32 WIB
Namun, bila tidak dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana, shopping bisa sangat
merugikan Anda.
thiara nilam @ Senin, 24 Juni 2013 | 14:16 WIB
           
thanks atas infonya 
audita nimas pratiwi @ Senin, 24 Juni 2013 | 14:17 WIB
thank's untuk infonya :)
 
rasznha jurumana @ Rabu, 3 Juli 2013 | 11:11 WIB
cara yg paling alami , tanpa mngeluarkan biaya,,msalx menggunkan buah-buahan at
aplah githu??
Intan β Sabtu, 7 September 2013 | 11:38 WIB
;) thanks info.x
cinta laura Rabu, 2 Oktober 2013 | 08:09 WIB
Makasih ya atas infonya,,!insya allah bermanfatt!!!!!!!!
cinta laura Rabu, 2 Oktober 2013 | 08:11 WIB
Hahaha
Thyna γ Minggu, 27 Oktober 2013 | 05:33 WIB
Infonya sangat bermanfaat terima kasih. . . .
Thyna γ Minggu, 27 Oktober 2013 | 05:33 WIB
Infonya sangat bermanfaat terima kasih. . . .
lala ¢ Sabtu, 7 Desember 2013 | 13:59 WIB
itu hal biasa tapi komedo tetep bandel
kiki sandi θ Selasa, 11 Februari 2014 | 16:13 WIB
hemmm.,    tq  
Mau komentar? Tinggalkan pesan:  
Nama:  
Website:  
Email:  
Nomor HP:  
Pesan:  
Nama tokoh wayang:  gatot
 


Copyright © 2014 Komedo   |   Sitemap   About   Privacy   Contact